Firda Qurrota A


HELLO !!

Penggunaan Teknologi dalam Bidang Transportasi

 


 

    Transportasi adalah alat untuk pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Transportasi memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan semua produktivitas sistem pengguna transportasi
  2. Meningkatkan keselamatan dalam transportasi
  3. Meningkatkan efisiensi system dalam transportasi
  4. Meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas transportasi
  5. Meningkatkan antar moda koneksi transportasi
  6. Mempromosikan tanggung jawab di lingkungan dan menghemat penggunaan energy

    Semua kegiatan bidang transportasi tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Termasuk transporasi laut. Sistem navigasi kapal sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.


     Sistem navigasi pada transportasi laut

    Navigasi adalah penentuan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta, dan oleh sebab itulah pengetahuan tentang kompas dan peta, radar, arpa, GMDSS, live saving equipment, dan buku buku publikasi serta teknik penggunaannya haruslah dimiliki dan dipahami. Sebelum kompas ditemukan, navigasi dilakukan dengan melihat posisi benda-benda langit seperti matahari dan bintang-bintang dilangit, yang tentunya bermasalah kalau langit sedang mendung.

 

     Alat – alat navigasi pada transportasi laut :


1. Peta

Peta merupakan perlengkapan utama dalam pelayaran penggambaran dua dimensi (pada bidang datar) keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi yang diproyeksikan dengan perbandingan/skala tertentu atau dengan kata lain representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi.

2. Kompas

Kompas adalah alat navigasi untuk mencari arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang ditunjuknya adalah utara. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah.

3. GPS

GPS merupakan salah satu perlengkapan modern untuk navigasi. Global Positioning Satelite/GPS adalah perangkat yang dapat mengetahui posisi koordinat bumi secara tepat yang dapat secara langsung menerima sinyal dari satelit. Perangkat GPS modern menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern dalam navigasi di darat, kapal di laut, sungai dan danau serta pesawat udara.
Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS anatara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.

4. Radar

Radar sangat bermanfaat untuk mendeteksi kapal/pesawat lain, cuaca/ awan yang dihadapi di depan sehingga bisa menghindar dari bahaya yang ada di depan pesawat/kapal. Radar (dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari radio detection and ranging), yang berarti deteksi dan penjarakan radio) adalah sistem yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat dan hujan.

5. Telegraf

Telegraf merupakan sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak jauh mengunahkan Kode Morse dengan frekuensi gelombang radio. Kode morse adalah metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan kalimat, kata,huruf, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan melalui peluit,bendera, cahaya, dan ketukan morse.

6. SONAR

Sonar (Singkatan dari bahasa Inggris: sound navigation and ranging), merupakan istilah Amerika yang pertama kali digunakan semasa Perang Dunia, yang berarti penjarakan dan navigasi suara, adalah sebuah teknik yang menggunakan penjalaran suara dalam air untuk navigasi atau mendeteksi kendaraan air lainnya. Sonar merupakan sistem yang menggunakan gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan untuk mendeteksi dan menetapkan lokasi obyek di bawah laut atau untuk mengukur jarak bawah laut. Sejauh ini sonar telah luas digunakan untuk mendeteksi kapal selam dan ranjau, mendeteksi kedalaman, penangkapan ikan komersial, keselamatan penyelaman, dan komunikasi di laut.

7. EPIRB

EPIRB merupakan sistem Search and Rescue (SAR) berbasis satelit untuk memberikan bantuan pelaksanaan SAR dengan menyediakan distress alert dan data lokasi secara akurat, terukur serta dapat dipercaya kepada seluruh komonitas internasional. Tujuannya agar dikuranginya sebanyak mungkin keterlambatan dalam melokasi suatu distress alert sehingga operasi akan berdampak besar dalam peningkangkatan probabilitas keselamatan korban.

8. Navtex

Navtex ,adalah sistem otomatis internasional untuk langsung mendistribusikan peringatan maritim navigasi, ramalan cuaca dan peringatan, pencarian dan penyelamatan pemberitahuan dan informasi yang serupa dengan kapal.

9. SART

Search and Rescue Transponder (SART) perangkat yang digunakan untuk menemukan kelangsungan hidup kerajinan atau pembuluh tertekan dengan menciptakan serangkaian titik pada layar radar 3 cm kapal menyelamatkan itu. Jangkauan deteksi antara perangkat ini dan kapal, tergantung pada ketinggian radar tiang kapal dan ketinggian SART, biasanya sekitar 15 km (8 mil laut)

10. Radio GMDSS

Radio GMDSS Digital Selective Calling (DSC) pada MF, HF dan VHF radio maritim sebagai bagian dari sistem GMDSS. DSC terutama ditujukan untuk memulai kapal-ke-kapal, kapal-ke-pantai dan pantai-ke-kapal telepon radio dan MF / HF radiotelex panggilan

11. LORAN

LORAN(LOng RAnge Navigation[1]) adalah sistem navigasi radio terestrial menggunakan frekuensi rendah pemancar radio yang menggunakan beberapa pemancar ( multilateration ) untuk menentukan lokasi dan / atau kecepatan penerima .

12. Nautical Publications

Nautical publications istilah teknis yang digunakan di kalangan maritim menggambarkan satu set publikasi, umumnya diterbitkan oleh pemerintah pusat, untuk digunakan dalam navigasi yang aman kapal, perahu, dan kapal serupa.

13. Marine VHF radio

Marine VHF radio diinstal pada semua kapal besar dan kapal kecil yang paling bermotor. Hal ini digunakan untuk memanggil tim penyelamat dan berkomunikasi dengan pelabuhan, kunci, jembatan dan marina, dan beroperasi direntang frekuensi VHF, antara 156-174MHz.

14. AIS

The Automatic Identification System (AIS)adalah jarak pendek sistem pelacakan pesisir digunakan pada kapal dan dengan Lalu Lintas Kapal Jasa ( VTS ) untuk mengidentifikasi dan menemukan kapal oleh elektronik pertukaran data dengan kapal lain di dekatnya dan stasiun VTS. Informasi seperti identifikasi yang unik, posisi, arah, dan kecepatan dapat ditampilkan pada layar atau ECDIS.

15. Echo sounder

Echo sounder adalah teknik menggunakan pulsa suara diarahkan dari permukaan atau dari kapal selam secara vertikal ke bawah untuk mengukur jarak ke bawah melalui gelombang suara. Echo terdengar juga dapat merujuk kepada hydroacoustic "echo sounder " didefinisikan sebagai suara aktif dalam air. Jarak diukur dengan mengalihkan setengah waktu dari pulsa keluar sinyal untuk kembalinya dengan kecepatan suara di dalam air, yang kira-kira 1,5 kilometer per detik.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

Haryo Putro.2012.Keuntungan TIK dan Kerugian TIK dalam Bidang Transportasi.

http://haryoputro93.blogspot.co.id/2012/10/keuntungan-tik-dan-kerugian-tik-dalam.html. Diakses pada 5 Desember 2016.

 

Riry DPS.2015.Peranan Teknologi Informasi di Bidang Transportasi. http://rirydeputry.blogspot.co.id/2015/11/peranan-teknologi-informasi-di-bidang.html. Diakses pada 5 Desember 2016.

 

Cut Gitty Faradilla.2015.Teknologi Informasi di Bidang Transportasi. http://cugifa.blogspot.co.id/2015/10/teknologi-informasi-dibidang.html. Diakses pada 5 Desember 2016.

 

Alif Anggrian.2016.Makalah Pemanfaatan Teknologi dalam Bidang – Bidang. http://www.andrhyan.web.id/2016/11/makalah-pemanfaatan-teknologi-dalam.html. Diakses pada 5 Desember 2016.

 

Safriady Saleh.2013.Peralatan Navigasi Kapal. http://safriadysaleh.blogspot.co.id/2013/12/peralatan-navigasi-kapal.html. Diakses pada 5 Desember 2016.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :