Firda Qurrota A


HELLO !!

REVIEW JURNAL

Judul Jurnal : Standar dan Manajemen Keamanan Komputer

Penulis         : Herny Februariyanti

 

 

Permasalahan pada keamanan komputer menjadi salah satu hal yang menarik untuk dibahas. Karena berkembangnya teknologi informasi yang semakin canggih terkadang masih belum diikuti dengan penerapan keamanan yang memadai. Pengamanan data elektronik tidak dapat tumbuh begitu saja tanpa adanya usaha dan biaya. Pengamanan data elektronik membutuhkan investasi, hal inilah yang masih sering diabaikan karena tidak adanya komitmen pihak manajemen. Padahal salah satu kunci keberhasilan pengamanan system informasi adalah visi dan komitmen dari top manajemen.

Selain peran utama dari top manajemen, masih terdapat beberapa masalah pengamanan system informasi, yaitu :

·       Kesalahan desain

·       Kesalahan implementasi

·       Kesalahan konfigurasi

·       Kesalahan penggunaaan

Kesalahan – kesalahan tersebut dapat menimbulkan celah lubang keamanan. Namun celah ini merupakan sebuah resiko yang harus dikendalikan dalamsebuah manajemen keamanan.

Penerapan sistem keamanan dalam sebuah organisasi yang ideal tentunya harus memenuhi persyaratan standarisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada standar sistem keamanan baik itu TKTI dan ISO.

Standar kompetensi diartikan sebagai suatu ukuran atau patokan tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan oleh Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI, 2004). Standar kompetensi tidak berarti hanya kemampuan menyelesaikan suatu tugas, tetapi dilandasi pula bagaimana serta mengapa tugas itu dikerjakan. Sedangkan ISO (International Standart Organisation) atau Organiasasi standar Internasioanal merupakan badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakilwakil dari badan standar nasional setiap negara. ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia.  

 

 

Link : 

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=7389&val=544

  

 


  


  

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :