Firda Qurrota A


HELLO !!

Pengalaman Masalah Keamanan Komputer

Pembahasan tentang keamanan komputer merupakan suatu pembicaraan yang seru karena semakin majunya zaman dan perkembangan teknologi yang semakin canggih tentu diimbangi pula dengan kejahatan yang semakin canggih pula.

Seperti pengalaman saya beberapa bulan yang lalu. Saat itu seminggu sebelum uts dan saya harus menginstal suatu aplikasi yang akan digunakan saat uts nanti. Saya mencari installer di internet. Saya menemukan beberapa installer disana, saya mendownload salah satunya. Karena ketidak tahuan saya selesai mendownload installer tersebut saya langsung menginstalkannya ke laptop. Beberapa kali ada peringatan yang muncul dilayar yang menyatakan bahwa kemungkinan aplikasi yang saya instal berbahaya.

Saya tetap melanjutkan menginstal mengabaikan notifikasi tersebut.  Setelah selesai menginstal mulailah laptop saya mengalami keanehan. Pertama bukan aplikasi yang berhasil terinstal karena justru pada layar laptop saya muncul banyak sekali pop up situs situs web yang tidak saya ketahui. Kemudian saya panik dan menutup semua pop up situs web yang mucul tersebut. Lalu mencoba me restart laptop saya. Saat laptop menyala kembali tampilan layar warnanya memudar dan pop up juga masih bermunculan.

Dan ketika saya mencoba membuka salah satu file yang ada dilaptop saya justru tidak bisa dibuka. Hal itu menambah kepanikan saya. Karena laptop saya baru saat itu dan tidak dipasang antivirus apapun.

Saya kembali mematikan laptop saya dan menyalakan kembali. Disaat itulah layarnya hanya berwarna hitam dan bertuliskan bahwa seluruh files dilaptop saya dienkripsi. Saya tidak bisa membuka aplikasi ataupun file file di laptop saya lagi.

Karena masalah tersebut akhirnya laptop saya diinstal ulang kembali. Hal yang menyedih tapi juga saya beruntung karena itu merupakan laptop baru dan saya masih menyimpan file – file penting saya di dalam hardisk eksternal.

  

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :